WiTricity Technology

Teman-taman saya akan berbagi info tentang Witrycity yang sekarang masih dikembangkan....

Terbayangkah anda ponsel, komputer, laptop , robot mobile , bahkan kendaraan listrik mampu re charging sendiri tanpa pernah yang terpasang di stop kontak?

Nah, ini  ada penemuan yang dipamerkan oleh perusahaan penghasil processor, INTEL. Penemuan atau proyek ini diberi nama WREL (wireless resonant energy link). Yang konon kabarnya sebelumnya teknologi ini disebut WiTricity, kombinasi antara wireless (nirkabel) dan electricity (listrik).

Untuk membuktikannya, Pihak INTEL memperlihatkan bagaimana cara bolam lampu 60 Watt menyala tanpa ada kabel yang menempel padanya. Proses menyala terjadi karena di jarak 1 meter dari bola lampu terdapat sumber listrik. Nah secara Induksi Magnet alat ini bekerja menyalakan lampu tersebut. INTEL mengembangkan teknologi yang pertama kali diperkenalkan Marin Soljacic, seorang fisikawan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

Prinsip kerjanya cukup sederhana, seperti cara kerja resonansi. Energi listrik dialirkan ke antena Pemancar sehingga membentuk medan magnet. Jika ada Pemancar berarti ada Penerima. Nah Penerima inilah yang berperan sebagai penyerap medan magnet tersebut kemudian mengubahnya kembali menjadi energi listrik.

Berikut ini adalah cara WiTricity bekerja :





Semoga sedikit bermanfaat buat temen-temen....
Load disqus comments

0 komentar